HIMBAUAN

CARA MURAH MENUJU BANDA ACEH & SABANG


Masjid Baiturrahman, simbol kebanggaan masyarakat Aceh

Banda Aceh adalah ibukota Provinsi Aceh, provinsi paling barat di Republik Indonesia. Setelah tsunami 2004 dan perjanjian damai antara RI dan GAM, perlahan-lahan banyak orang mulai memilih daerah ini sebagai tempat berlibur.

Selain sebagai pintu gerbang menuju Sabang atau Pulau Weh, pulau yang terletak di ujung barat Indonesia, Kota Banda Aceh sendiri juga menawarkan tempat-tempat menarik, seperti Masjid Baiturrahman dan peninggalan-peninggalan Tsunami 2004 seperti perahu yang terdampar di atap rumah ataupun kapal PLN yang terbawa sampai ke darat.

Kali ini KURANG-PIKNIK.COM akan memberikan tips bagi kalian untuk menuju Banda Aceh dengan mudah dan murah.


Bandara Sultan Iskandar Muda, bandara terbesar di Provinsi Aceh

PENERBANGAN LANGSUNG

Penerbangan langsung tersedia dari/ke Bandara Sultan Iskandar Muda yang melayani Kota Banda Aceh. Maskapai dalam negeri yang melayani penerbangan langsung dari/ke Banda Aceh adalah:
- Batik Air (Jakarta)
- Citilink (Medan)
- Garuda Indonesia (Jakarta, Medan)
- Lion Air (Batam, Jakarta, Medan)
Sementara maskapai internasional yang ada di Banda Aceh adalah:
- Air Asia (Kuala Lumpur)
- Firefly (Penang)
- Malindo Air (Penang)

Via MEDAN

Jika tidak ada penerbangan langsung dari kotamu ke Banda Aceh, atau jika menurut kalian harga tiket langsung ke Banda Aceh terlalu mahal, kalian bisa terlebih dahulu menuju MEDAN (Bandara Kuala Namu). Penerbangan ke Medan tersedia dari berbagai kota di Indonesia dan juga beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Hong Kong.

Dari Medan tersedia penerbangan langsung ke Banda Aceh dan juga kota-kota lain di Aceh seperti Lhokseumawe, Meulaboh, Takengon, dan Sinabang (Simeulue).


Sempati Star, dengan bis bertingkat yang melayani rute Medan - Banda Aceh PP

Selain dengan udara, anda juga dapat menuju Banda Aceh dari Medan dengan bis. Aneka bis yang melayani rute Medan - Banda Aceh terkenal dengan kemewahannya dan armada bis yang masih baru dengan chasis ternama dari Jerman dan Swedia.
Beberapa perusahaan bis yang melayani rute Medan - Banda Aceh adalah Sempati Star, Kurnia, Putra Pelangi, PMTOH, Sanura, dan Royal.

Untuk naik bis menuju Banda Aceh, dari Bandara Kuala Namu anda bisa menaiki bis ALS tujuan Binjai atau Ring Road (disarankan tujuan Binjai), anda akan melewati loket-loket bis ke Banda Aceh di Jalan Ring Road atau Gagak Hitam. Sementara itu loket / titik keberangkatan bis Sempati Star terletak di Jalan Asrama, tidak jauh dari persimpagan antara Ring Road dengan Jalan Gatot Subroto.

Perjalanan bis Medan - Banda Aceh menempuh waktu sekitar 9-11 jam dalam kondisi normal. Pada umumnya bis-bis ini berangkat di pagi dan malam hari. Harga tiket berkisar antara Rp 150.000 - 250.000, tergantung kelas dan fasilitas yang ditawarkan.

Via KUALA LUMPUR

Ada alternatif yang lebih murah menuju Banda Aceh, terutama jika Air Asia menawarkan harga tiket promo, yaitu melalui Kuala Lumpur, Malaysia. Namun untuk dapat menggunakan alternatif ini, anda harus sudah punya paspor.

Tiket Air Asia Kuala Lumpur - Banda Aceh harga normalnya mulai dari Rp 300.000 (1x jalan), dan berangkat setiap pagi setiap harinya, serta sore di hari-hari tertentu. Sementara itu tiket Air Asia Jakarta - Kuala Lumpur dapat kalian peroleh dengan harga mulai dari Rp 400.000 (1x jalan).

Mengingat kalian harus tetap menjalani periksaan imigrasi dan mengambil bagasi setelah tiba di Kuala Lumpur, dan melakukan check in untuk penerbangan ke Banda Aceh, maka disarankan agar waktu ketibaan di Kuala Lumpur dan waktu keberangkatan ke Banda Aceh memiliki jeda paling lambat 4 jam.


Pelabuhan Ulee Lheue, akses utama menuju Sabang (Pulau Weh)

Menuju SABANG

Kota Sabang atau Pulau Weh dapat dijangkau dengan mudah dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, dengan kapal ferry ro-ro (waktu tempuh: 1,5-2 jam) tarif sekitar Rp 30.000, atau kapal cepat (waktu tempuh: 45 menit) dengan tarif mulai dari Rp 80.000.

Untuk menuju Pelabuhan Ulee Lheue dari berbagai titik di Kota Banda Aceh anda bisa menggunakan becak motor atau ojek.

Jika kalian ingin memesan tiket pesawat yang kalian inginkan, silakan cek sidebar di sebelah kanan website ini. Kalian bisa langsung melakukan pemesanan tiket pada menu widget yang tersedia. Jika tidak menemukan penerbangan yang kalian cari, silakan hubungi kami melalui Telepon / SMS ke 0857 2195 5833 / 0812 6990 7898, Whatsapp ke 0857 2195 5833, LINE @cjm5596i, atau e-mail info@kurang-piknik.com.

Sekian saja info dari KURANG-PIKNIK.COM kali ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian yang mau liburan ke Banda Aceh.

Ayo PIKNIK sekarang juga!

Comments