HIMBAUAN

Apa yang kalian tahu tentang SIBORONG-BORONG?


"Waktu abang pergi ke Siborong-borong
Datang hujan yang amat deraslah
Terkejut abang terheran-heran
Sebab abang belum pernah ke sana"

Petikan lagu berjudul "Sayur Kol" tersebut mendadak viral setelah muncul video seorang anak kecil menyanyikan lagu tersebut dengan lucunya. Nama kota Siborong-borong disebut-debut dalam lagu itu sehingga membuat kota kecil ini menjadi populer.

Tapi, tahukah kalian di mana letak Siborong-borong? Dan apa saja yang ada di kota ini? Kali ini KURANG-PIKNIK.COM akan berbagi beberapa fakta bagi kalian yang belum tahu atau belum pernah ke Siborong-borong yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini.

1. Kota persimpangan 3 jalur utama

Kota ini memang tergolong kecil karena bukan ibukota kabupaten. Namun, kota ini sangat strategis karena menjadi pertemuan 3 jalur jalan besar, yaitu:
1. Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) arah Balige, Parapat, Siantar, seterusnya sampai Medan
2. Jalinsum arah Tarutung, Sidempuan, seterusnya sampai Bukittinggi
3. Jalan provinsi ke arah Dolok Sanggul, Tele, Kabanjahe, seterusnya sampai Medan

Letaknya yang strategis membuat Siborong-borong menjadi tempat persinggahan mobil, motor, dan truk yang melintasi 3 jalur utama ini, sehingga perekonomian masyarakat di sini sangat menggeliat.

2. Sangat dekat dengan Bandara Silangit

Letaknya yang strategis ditambah lagi dengan lokasinya yang sangat dekat dengan Bandara Silangit sebagai pintu gerbang udara dari/ke Danau Toba atau Tapanuli Bagian Utara. Siborong-borong hanya berjarak sekitar 9 km dari Bandara Silangit. Tidak heran jika penumpang pesawat dari Tarutung dan Dolok Sanggul juga singgah di sini untuk berbelanja membeli keperluan mereka sebelum naik pesawat.

3. Terkenal dengan "lapet" atau "ombus-ombus"

Bagi orang Batak, kota ini sangat terkenal dengan cemilan khas Batak yaitu "lapet" yang terbuat dari kelapa dan gula merah. Nama lain makanan ini adalah "ombus-ombus" karena sebelum dimakan biasanya kita akan meniup atau menghembus (bahasa Batak: "ombus")-nya terlebih dahulu.

"Ombus-ombus" sebagai ikon Siborong-borong juga tergambar dalam patung penjual ombus-ombus dengan sepedanya, yang terletak di persimpangan Jalinsum dengan jalan provinsi ke Dolok Sanggul.

Sekian saja informasi yang bisa KURANG-PIKNIK.COM bagikan tentang kota Siborong-borong. Kalian bisa singgah di kota yang kecil dan indah ini baik itu untuk istirahat atau sekadar mencicipi "lapet" atau "ombus ombus" yang manis dan hangat.

Mauliate! Horas!

Comments