[UPDATE] Info Terkait Wabah Virus CORONA

10 negara di luar ASEAN ini bebas visa untuk warga Indonesia


Visa merupakan salah satu syarat masuk ke sebuah negara, yang terkadang juga menjadi momok menakutkan bagi banyak traveller karena aneka persyaratan yang rumit untuk mendapatkannya, seperti rekening koran, letter of invitation, dll.

Dalam beberapa kasus, visa tidak diperlukan untuk mengunjungi suatu negara. Cukup dengan paspor. Dan, kekuatan paspor sampai detik ini dihitung dari jumlah negara yang memberikan bebas visa bagi pemegang paspor negara tersebut.

Hingga Desember 2019, ada 70 negara yang memberikan bebas visa bagi paspor Indonesia, yang menjadikan paspor Indonesia berada di urutan 71 dalam kekuatan paspor.

Di antara 70 negara tersebut, ada 10 negara yang berada di luar ASEAN (karena seluruh negara ASEAN bebas visa bagi paspor Indonesia) yang mungkin bisa kalian kunjungi.

1. HONG KONG & MACAU (China)



Walaupun Hong Kong & Macau adalah bagian dari China, tetapi sebagai Special Administrative Region (SAR) Hong Kong & Macau memiliki otonomi sendiri dalam berbagai aspek, salah satunya terkait imigrasi dan pabean. Dan berita baiknya, walaupun untuk masuk ke daerah lain di China WNI membutuhkan visa, tetapi khusus Hong Kong & Macau kita sebagai WNI tidak memerlukannya.

Hong Kong terkenal dengan kotanya yang kosmopolitan sebagai salah satu pusat bisnis di Asia, kebudayaannya yang unik di mana budaya China dan Inggris hidup berdampingan, serta tempat-tempat wisata seperti Disneyland, Ngong Ping 360, patung Buddha Tian Tan, Museum Madame Tussaud, dan Avenue of Stars.

Sementara itu Macau dikenal sebagai kota dengan sejarah penjajahan Eropa yang cukup panjang hingga peralihan kekuasaan wilayah ini dari Portugis ke pemerintah China tahun 1999. Saat ini, Macau dikenal sebagai pusat perjudian nomor 1 di Asia dan satu-satunya tempat di China yang legal untuk berjudi. Namun, selain tempat judi, Macau juga memiliki objek wisata menarik seperti reruntuhan Gereja St Paul, Macau Tower, dan patung Kun Iam (perpaduan Dewi Kwan Im dan Bunda Maria).

Dari Indonesia, Hong Kong dapat dijangkau dengan penerbangan langsung dari Jakarta, Surabaya dan Bali, ataupun puluhan penerbangan transit, sementara Macau dapat dijangkau dengan penerbangan transit seperti Air Asia (Kuala Lumpur) dan Scoot (Singapura).

2. JEJU (Korea)



Jeju, pulau yang berada di sebelah selatan Korea, adalah pulau yang menjadi andalan pariwisata Korea. Dengan keindahan alam dan lautnya serta budayanya yang sedikit berbeda dengan Semenanjung Korea, Jeju menjadi tempat favorit bagi warga Korea untuk berlibur atau bahkan membeli villa untuk hunian baru. Beberapa artis K-pop dan K-drama memiliki rumah di pulau ini, seperti Lee Hyori dan pemilik YG Entertainment, Yang Hyunsuk.

Warga Negara Indonesia membutuhkan visa untuk masuk ke Korea, tetapi sebagai daerah khusus, Jeju adalah pengecualian. Kita sebagai WNI bisa mengunjungi pulau ini tanpa visa. Namun, jika tidak memiliki visa Korea maka kita hanya bisa tinggal di Jeju dan tidak bisa masuk ke daerah Korea lainnya. Tidak masalah karena Jeju punya berbagai objek wisata menarik seperti Cheonjiyeon Waterfall, Dragon's Head Rock, dan Seongeup Folk Village, untuk mewarnai liburan kalian. Ditambah lagi saat ini sudah ada penerbangan langsung Air Asia dari Kuala Lumpur (Malaysia) ke Jeju.

3. UZBEKISTAN



Uzbekistan adalah satu dari banyak negara yang bisa dikunjungi oleh WNI tanpa visa. Di negara bekas pecahan Uni Soviet ini kalian bisa melihat masjid dan bangunan-bangunan lainnya dengan arsitektur yang sangat indah.

Ibukota Uzbekistan adalah kota Tashkent, tetapi yang paling banyak dikunjungi turis adalah Samarkand dan Bukhara. Dua kota ini punya peran penting dalam peradaban Islam di masa lampau. Selain itu, daerah ini juga dilintasi oleh Silk Road (Jalur Sutera), jalur perdagangan antara Asia dan Eropa yang legendaris.

Kini telah tersedia penerbangan langsung dari Jakarta ke Tashkent, Uzbekistan, sebanyak 2x seminggu yang dioperasikan oleh Uzbekistan Airways. Tersedia juga penerbangan dari Malaysia dan Singapore.

Selain Uzbekistan, negara tetangganya di sebelah utara yaitu Kazakhstan juga membebaskan visa bagi WNI.

4. QATAR



Qatar adalah satu-satunya negara di jazirah Arab yang memberikan bebas visa bagi WNI. Dengan adanya penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali, dan juga berbagai opsi penerbangan transit, Qatar bisa jadi salah satu tujuan bagi kalian untuk berwisata tanpa repot.

Di negara yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini, kalian bisa melihat kota yang modern berdampingan dengan gurun pasir dan laut yang mengelilinginya. Kalian juga bisa melihat berbagai atraksi wisata seperti "souk" (pasar tradisional ala Arab) dan The Pearl Qatar, pulau buatan yang memiliki banyak restoran dan tempat berbelanja kelas atas.

5. MAROKO



Jika kalian adalah penggemar drama Korea, mungkin akhir-akhir ini kalian menonton drama terbaru berjudul "Vagabond". Shooting drama yang dibintangi Bae Suzy dan Lee Seunggi ini selain dilakukan di Korea juga mengambil lokasi di Maroko. Dalam drama tersebut kalian bisa melihat suasana kota tua dan bangunan yang terbuat dari material pasir gurun Sahara di negara yang ada di Afrika Utara. Selain itu, Maroko juga memiliki kota dan sekolah yang disebut sebagai yang tertua di dunia.

Maroko adalah salah satu dari sekian negara di Afrika yang membebaskan visa bagi WNI. Negara ini bisa dijangkau dengan mudah dari Indonesia, dengan penerbangan yang transit di Dubai, Abu Dhabi atau Qatar.

6. NAMIBIA



Namibia adalah negara yang terletak di Afrika bagian Selatan, dan salah satu negara yang bisa dikunjungi oleh WNI tanpa visa. Daya tarik negara ini adalah gurun Namib dan gurun Kalahari, kemudian hutan belantara dan binatang-binatang liar yang sulit ditemui di negara lainnya, serta keberadaan Bushmen atau suku-suku yang masih hidup dengan cara berburu di alam bebas.

Namibia dapat dijangkau dari Indonesia dengan penerbangan Qatar Airways (transit di Qatar) atau Ethiopian Airways (transit di Addis Ababa, Ethiopia dan 1x persinggahan di Bangkok).

Selain Maroko dan Namibia, negara-negara di Afrika yang bebas visa bagi WNI adalah Mauritania, Mali, Gambia, dan Rwanda.

7. SERBIA



Serbia adalah 1 dari 2 negara di Eropa (1 lagi adalah Belarus) yang bisa dikunjungi oleh WNI tanpa visa. Negara yang dulunya adalah bagian dan pusat dari Yugoslavia ini menawarkan daya tarik seperti kota tua khas Eropa Timur, peninggalan sejarah era Yunani dan Romawi, benteng-benteng yang umurnya ratusan hingga ribuan tahun, gereja dan biara Kristen Ortodoks, dan tempat untuk bermain salju.

Serbia dapat dijangkau dari Indonesia dengan penerbangan transit di Dubai, Abu Dhabi, dan Qatar.

8. BRAZIL



Brazil, negara Amerika Latin yang kita kenal dengan sepakbola, tari samba, dan kopinya yang harum, baru saja membebaskan visa untuk WNI sejak 2019. Selain sebagai negara terluas di Amerika Selatan, Brazil juga dikenal sebagai pintu gerbang untuk menuju benua tersebut, karena memiliki paling banyak penerbangan internasional ke benua lainnya.

Luasnya negara tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016 ini membuatnya memiliki sangat banyak objek wisata. Yang paling terkenal adalah patung Yesus Kristus di atas bukit, kemudian Pantai Copacabana yang termasuk salah satu pantai terpanjang di dunia. Keduanya terletak di kota Rio de Janeiro. Terdapat juga hutan Amazon yang dilintasi Sungai Amazon, sungai terpanjang ke-2 di dunia, yang menjadi salah satu "paru-paru dunia" dan tempat hunian bagi ribuan spesies binatang dan tumbuhan langka.

Brazil dapat dijangkau dari Jakarta dengan penerbangan transit di Dubai, Qatar, dan Amsterdam.

9. PERU



Peru adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang membebaskan visa bagi WNI yang mau berkunjung. Negara yang terletak di sebelah barat benua Amerika Selatan ini memiliki magnet utama turis dari berbagai negara, yaitu Machu Picchu, kota purba peninggalan suku Inca yang terletak di atas pegunungan Andes, dan sampai sekarang masih menjadi misteri bagaimana kota ini bisa terletak di tempat seperti itu. Kota ini cukup sulit dijangkau, hanya bisa dengan mendaki gunung setelah perjalanan dengan kereta api menuju Aguascalientes yang disebut-sebut sebagai "kereta api termahal di dunia".

Daya tarik lainnya di Peru adalah hutan Amazon, kota Iquitos yang terletak di pinggiran hutan Amazon dan hanya bisa dijangkau dengan angkutan sungai dan udara, kemudian Danau Titicaca (danau tertinggi di dunia) dan berbagai peninggalan suku asli Amerika lainnya.

Dari Indonesia, Peru dapat dijangkau dengan penerbangan transit via Amsterdam. Bisa juga dengan penerbangan transit via Brazil dan Dubai/Qatar.

Selain Brazil dan Peru, negara lain di benua Amerika yang bebas visa bagi WNI adalah Chile, Ekuador, Kolombia, Guyana, Haiti, Dominika, St. Vincent and Grenadines, dan St. Kitts and Nevis.

10. FIJI



Fiji adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, dan adalah 1 dari 2 negara di benua Oseania (selain Mikronesia) yang membebaskan visa bagi WNI.

Daya tarik utama Fiji sebagai negara kepulauan adalah pantainya yang asri, dengan pasir putih dan batu karang, serta biota laut yang masih terjaga kelestariannya. Karena itulah Fiji menjadi salah satu destinasi favorit pengantin baru khususnya dari Australia untuk bulan madu.

Keunikan Fiji lainnya adalah cukup banyaknya etnis India di negara ini, yang didatangkan oleh penjajah Inggris sebagai pekerja kasar. Salah satu warga Fiji keturunan India yang terkenal adalah Vijay Singh, pemain golf kelas dunia.

Fiji dapat dijangkau dengan penerbangan langsung dari Singapura atau penerbangan transit dari Jakarta dan Bali via Australia.


Tertarik untuk liburan ke negara-negara yang bebas visa untuk kalian ini??

KURANG-PIKNIK.COM bisa membantu kalian untuk mendapatkan TIKET PESAWAT dari/ke 10 negara ini dan ratusan negara serta ribuan kota lainnya, dan juga VOUCHER HOTEL di 10 negara ini dan juga jutaan hotel lainnya di seluruh dunia!!!

KURANG-PIKNIK.COM juga menyediakan PAKET TOUR Hong Kong, Macau, Maroko, dan Brazil* buat kalian yang mau PIKNIK dan BERLIBUR TANPA REPOT!!!

*link tour Maroko dan Brazil akan ditambahkan kemudian

Ayo PIKNIK sekarang juga!!!

Comments