[UPDATE] Terkait COVID-19

10 Negara Ini Belum Tersentuh Virus Corona dan Masih Bisa Kalian Kunjungi

Wabah virus Corona yang mulai merebak sejak akhir 2019 dari Wuhan, China hingga menyebar ke berbagai negara di dunia saat ini memang membuat kita khawatir, dan banyak dari kita yang akhirnya harus membatalkan rencana perjalanan ke luar negeri karena takut akan tertular virus yang sampai sekarang belum ditemukan obat pastinya ini.

Data terbaru pada tanggal 27 Februari 2020, ada 48 negara yang sudah dilaporkan adanya pasien positif terjangkit virus corona. Tapi jangan khawatir, masih ada lebih dari 100 negara yang masih aman dari virus corona dan bisa kalian pilih sebagai destinasi liburan kalian. Dan di post ini, kita akan membahas 10 di antaranya.

NEW ZEALAND (Selandia Baru)


Pemandangan kota Queenstown, New Zealand

New Zealand atau Selandia Baru adalah salah satu negara yang terletak di ujung selatan bumi, bertetangga dengan Australia dan negara-negara Pasifik lainnya. Yang bisa kalian lihat di negara ini adalah indahnya pegunungan salju dan keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang luar biasa, 2 di antaranya adalah hewan biri-biri dan buah kiwi. New Zealand juga terkenal sebagai lokasi syuting film trilogi "Lord of the Rings".
New Zealand hingga saat ini masih aman dari virus corona dan bisa jadi pilihan kalian untuk berlibur. New Zealand dapat dijangkau dengan pesawat langsung Emirates dari Bali (Denpasar) atau pesawat Jetstar dan Qantas dengan transit di Australia yang harga tiketnya mulai 3 jutaan (one way). Cek promo tiket ke New Zealand di sini. 

BRUNEI DARUSSALAM


Masjid Omar Ali Saifudin, salah satu ikon negara Brunei

Negara Brunei Darussalam terletak di sisi utara Pulau Kalimantan atau Borneo, berbatasan dengan Sarawak (Malaysia) dan masih tidak jauh dari Indonesia. Salah satu negara terkaya di dunia ini memperoleh kekayaannya dari pertambangan dan pengolahan minyak.
Ada banyak atraksi wisata yang bisa kalian kunjungi di negara kecil ini, seperti Masjid Omar Ali Saifudin dengan kubah emasnya dan danau di hadapannya, lalu melihat sekilas Istana Sultan Brunei yang terkenal dengan koleksi mobil mewahnya. Ada juga Pasar Tamu Kianggeh dan perkampungan Melayu Asli yang terletak di atas air.
Brunei masih aman dan virus corona dan sangat pas untuk kalian kunjungi. Kalian bisa mencapai Brunei dengan pesawat Royal Brunei langsung dari Jakarta, Surabaya dan Bali, atau pesawat Air Asia dari Kuala Lumpur. Terdapat juga bus antar negara dari Pontianak, Kalimantan Barat yang dioperasikan oleh Damri dan SJS. Bisa juga dengan bus dari Malaysia (Miri & Kota Kinabalu) dan kapal ferry dari Labuan, Malaysia.

LAOS


Para bhiksu menerima sumbangan makanan dari warga di Luang Prabang, Laos

Laos, atau nama resminya Republik Rakyat Demokratik Lao, adalah negara yang terletak di sisi timur laut Thailand dan sisi barat daya Vietnam. Negara ini mulai berkembang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di ASEAN dengan posisinya yang diapit Thailand dan Vietnam. Ibukota Laos adalah kota Vientiane, tetapi tujuan wisata favorit para turis adalah kota Luang Prabang, pusat kerajaan Laos selama ratusan tahun. Laos menawarkan pemandangan alam khususnya Sungai Mekong yang masih asri, serta budayanya yang unik, salah satunya tradisi memberi makan bhiksu di kota Luang Prabang.
Laos termasuk salah satu negara yang masih aman dari virus corona. Kalian bisa menuju Laos dengan penerbangan langsung Air Asia dari Kuala Lumpur (ke Vientiane) dan Bangkok (ke Vientiane dan Luang Prabang). Terdapat juga bus antar negara dari Thailand ke Vientiane (dari Bangkok, Nong Khai, Udon Thani, Khon Kaen) dan Luang Prabang (dari Chiang Mai, Loei, Nan). Ada juga bus dari Hanoi, Vietnam menuju Luang Prabang dan Vientiane.

UZBEKISTAN

Madrasah Tilla-Qori, salah satu peninggalan sejarah Islam di Samarkand, Uzbekistan

Negara Uzbekistan pernah kita bahas sekilas dalam post ini sebagai salah satu negara di dunia yang bisa dikunjungi oleh warga Indonesia tanpa visa. Negara yang pernah jadi bagian Uni Soviet ini adalah salah satu pusat peradaban Islam di masa lampau, yang dikenal juga sebagai tempat lahir dari Imam Bukhari, salah satu perawi hadits Nabi Muhammad, tepatnya di kota Bukhara. Bukhara dan Samarkand kini menjadi destinasi wisata favorit di Uzbekistan. Di sini kalian bisa melihat jejak peradaban Islam dan perdagangan Jalur Sutra.
Uzbekistan dan negara-negara Asia Tengah lainnya masih aman dari virus corona. Kalian bisa menuju negara ini dengan pesawat Uzbekistan Airways dari Jakarta, Singapura, dan Kuala Lumpur. Terdapat juga kereta api dari Moscow ke Tashkent, ibukota Uzbekistan.

PALESTINA & YORDANIA

Sungai Yordan, sungai tempat Yesus dibaptis

Palestina dan Yordania sampai saat ini masih aman dari virus corona, dan di 2 negara yang bersebelahan dan dipisahkan oleh Sungai Yordan ini kalian bisa menjelajahi jejak kehidupan Yesus Kristus, mulai dari tempat Dia lahir di Betlehem, dibaptis di Sungai Yordan, mengajar di sekitaran Yerusalem sampai wafat dan bangkit-Nya. Sementara kalian yang beragama Islam juga dapat melihat tempat suci agama Islam di Yerusalem seperti Masjid Al-Quds. 
Tidak hanya itu, di kawasan ini kalian juga bisa melihat pemandangan Laut Mati dan kota tua Petra yang terletak di gunung bebatuan.
Dari Indonesia kalian bisa mengunjungi dua negara ini melalui bandara Amman, Yordania dari dengan penerbangan Emirates, Etihad, Qatar Airways dan Turkish Airlines. Sementara perjalanan antara Yordania dan Palestina dapat ditempuh dengan bus. Kami juga menyediakan paket tour Holyland bagi umat Kristen yang mau berziarah di kawasan ini tanpa repot.

BELANDA

Kincir angin di Zaanse Schans, Belanda

Belanda adalah satu dari sedikit negara di Eropa yang belum terjangkit virus corona. Kita semua tahu bahwa negara ini punya ikatan sejarah dengan kita sebagai salah satu negara yang pernah menjajah kita di masa lampau. Tidak heran terjadi saling silang budaya antara kita dan Belanda, dan di negara ini kita juga dapat menemukan jejak budaya Indonesia, contohnya tradisi makan ala rijstaffel dan populernya makanan Indonesia seperti nasi goreng dan bakmi goreng.
Banyak yang bisa kalian lihat di negara ini, seperti kincir angin di Kinderlijk dan Zaanse Schans yang juga menjadi ikon negara Belanda, sentra produksi keju, juga kota Amsterdam yang terkenal dengan peninggalan bangunan tua dan museumnya.
Belanda juga sering disebut sebagai pintu gerbang Eropa dengan bandara Schipol yang melayani rute ke ratusan kota di 5 benua dunia. Dari Indonesia kalian bisa menggunakan pesawat milik Belanda, KLM, dari Jakarta dan Denpasar, juga dengan berbagai maskapai lainnya yang transit di Timur Tengah. Cek promo tiketnya di sini. Belanda juga punya koneksi bus dan kereta api ke berbagai kota di Eropa.

DENMARK
Legoland Billund, Denmark

Denmark adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Skandinavia dan sebelah utara Jerman. Negara ini paling dikenal sebagai tempat kelahiran pendongeng terkenal Hans Christian Andersen dan juga tempat terciptanya Lego, mainan anak-anak yang populer sampai sekarang. Untuk lebih memanjakan anak-anak, Lego juga membuat tempat hiburan (theme park) bernama Legoland di kota Billund, kota asal Lego ini. Di sini kalian dapat melihat miniatur kota yang terbuat dari Lego dan aneka permainan bernuansa Lego. Walaupun Legoland juga terdapat di Johor, Malaysia tapi tentu sensasinya lebih terasa di tempat asalnya sendiri.
Denmark sampai saat ini menjadi satu dari sekian negara di Eropa yang belum terjangkit virus corona. Dari Indonesia menuju negara ini kalian bisa menggunakan pesawat seperti KLM, Emirates, dan Qatar Airways. Silakan cek promo tiketnya di sini. Denmark juga bisa dijangkau dengan kereta api dan bus dari negara tetangganya, Swedia dan Jerman.

AFRIKA SELATAN

Bo-Kaap, pemukiman Muslim Melayu yang berwarna-warni di Cape Town, Afrika Selatan

Dari seluruh negara-negara di Afrika, baru ada 2 negara yang dilaporkan terdapat pasien positif virus corona, yaitu Mesir dan Aljazair. Jadi negara-negara lainnya masih aman untuk kalian kunjungi. Tapi jika kalian bingung memilih negara mana di Afrika, silakan datang ke Afrika Selatan. 
Negara di ujung selatan Afrika ini terkenal dengan perpaduan budaya antara penduduk asli berkulit hitam, orang-orang kulit putih khususnya dari Belanda, dan orang-orang yang datang dari Asia, termasuk di antaranya adalah keturunan Melayu dan Indonesia yang menetap di kawasan Bo-Kaap, kota Cape Town dengan rumah-rumah yang berwarna-warni.
Selain itu Afrika Selatan juga memiliki nuansa alam seperti Afrika pada umumnya, dengan padang gurun Kalahari, padang savana dan binatang liarnya.
Afrika Selatan adalah negara di Afrika yang paling murah dijangkau dari Indonesia dengan tiket pesawat mulai 11 jutaan (pulang pergi) yang dilayani oleh Singapore Airlines, Emirates, Etihad dan Qatar Airways.

PERU

Reruntuhan kota purba di Machu Picchu, Peru

Di antara negara-negara di Amerika Latin, baru Brazil yang sudah dilaporkan terdapat pasien positif corona. Sementara negara lainnya masih aman untuk kalian kunjungi. Salah satunya adalah Peru, yang juga pernah kita bahas dalam post ini sebagai salah satu negara yang bebas visa bagi WNI.
Atraksi wisata utama di Peru adalah Machu Picchu, reruntuhan kota tua peninggalan suku Inca yang terletak di pegunungan tinggi dan masih belum diketahui bagaimana sebenarnya kota tua ini terbentuk. Perjalanan menuju Machu Picchu sendiri merupakan atraksi wisata yang unik, dengan kereta api yang disebut sebagai kereta api dengan tiket termahal di dunia.
Dari Indonesia, Peru dapat dijangkau dengan pesawat KLM, transit di Amsterdam, Belanda, atau dengan penerbangan lanjutan melalui Brazil setelah menaiki pesawat Emirates dan Qatar Airways. Harga tiket akan jauh lebih murah jika kalian berangkat dari Kuala Lumpur atau Singapore. Silakan cek harga promonya di sini. 

Itulah 10 dari negara-negara yang masih aman dari virus corona, yang bisa kalian pilih sebagai tujuan berlibur kalian.

KURANG-PIKNIK.COM melayani pemesanan TIKET PESAWAT dan VOUCHER HOTEL ke 10 negara ini ataupun negara-negara lainnya di dunia. Tersedia juga PAKET TOUR ke berbagai negara yang bisa kalian pilih untuk berlibur TANPA REPOT.

Ayo PIKNIK sekarang juga!!!

Comments